SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA !!! Dengan hadirnya blog ini, dapat memberi kita pelajaran bagaimana hidup seorang muslim sejati. serta, semoga isi-isi yang ada di blog ini bermanfaat bagi kalian semua, menambah wawasan tentang agama islam, semoga isi yang ada di blog ini menjadi renungan buat kita semua, menjadi pelajaran buat kita semua, semoga kita di ampuni dosa-dosa yang kita telah lakukan, semoga Allah memberi kita petunjuk ke jalan yang lurus, semoga kita termasuk orang-orang yang dekat kepda Allah, org yg selalu bertaqwa kepda Allah SWT, Amin !

Senin, 02 Mei 2011

SULAP DALAM PANDANGAN ISLAM

Sulap atau dalam bahasa Arab disebut dengan istilah al-Syu’uudzah atau al-sya’bazdah adalah kejadian yang diluar kebiasaan (al-khawariq li al’aadah) rata-rata manusia. Jika kita meneliti fakta sulap maka paling tidak bisa dikategorikan menjadi :

Pertama, sulap yang murni sebatas permainan, ketangkasan, keterampilan dan kecepatan tangan yang bisa dijelaskan secara ilmiah, maka hukumnya boleh, karena termasuk ke dalam kategori sain. Berkaitan dengan sain hukum asalnya adalah boleh, selama tidak ada unsur-unsur yang diharamkan. Rasulullah bersabda “Antum a’lamu biumuuri dunyaakum” (Kalian lebih mengetahui urusan dunia kalian). Ibnu Hayyan menyebutkan melakukan sulap seperti ini untuk tujuan menghibur dan menunjukan kecepatan tangan, hukumnya makruh.
Kedua, sulap yang ada unsur ilusi dan memperdaya orang lain. Ibnu Hayyan dalamTafsir al-bahr al-muhit mengkategorikannya sebagai bagian dari sihir, termasuk perbuatan yang diharamkan. Karena ada unsur menipu dan memperdaya orang lain. Apalagi jika dimaksudkan untuk menimpakan keburukan kepada orang lain. Sihir seperti inilah yang dulu pernah terjadi di masa Fir’aun.

Allah berfirman: “Terbayang kepada Musa seakan-akan ia (tali-tali dan tongkat-tongkat mereka) merayap cepat, lantaran sihir mereka.” (Thaha: 66) “Musa menjawab: ‘Lemparkanlah (lebih dahulu)!’ Maka tatkala mereka melemparkan, mereka menyulap mata orang dan menjadikan orang banyak itu takut, serta mereka mendatangkan sihir yang besar (menakjubkan).” (Al-A’raf: 116)

Hal-hal yang dilakukan para tukang sulap dalam sihir jenis ini adalah sesuatu yang tidak sebenarnya. Bahkan hanya penipuan khayalan yang dilakukan penyulap untuk mengundang perhatian mata orang kepada apa yang dilakukannya dengan kecepatan tangannya. Allah menyebut yang demikian dengan istilah sihir. “… Serta mereka mendatangkan sihir yang besar (menakjubkan).”
Ketiga, Sulap yang lahir karena bantuan jin dengan membaca mantra-mantra dan menjalani ritual yang bententangan dengan syariat. Sulap seperti inilah yang disebut dengan sihir yang sebenarnya. Bisanya pelaku sulap bisa melakukan adegan-adegan yang diluar jangkauan kemampuan manusia biasa. Seperti memakan benda-benda tajam, kekebalan, terbang, berjalan di atas air, dll. Hukumnya haram bahkan termasuk syirik yang mengakibatkan kekufuran, karena Allah telah melarang manusia meminta bantuan kepada jin dalam firman-Nya:

“Dan bahawasannya ada beberapa orang lelaki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa lelaki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan… (QS. Al-Jin : 6)


 Jumhur ulama telah menyatakan bahwa mempelajari,mengajarkan dan mengamalkannya diharamkan. Karena Al-Qur’an menuturkan sihir seperti ini dalam redaksi celaan dan mengkatagorikannya sebagai kekufuran (QS. Al-Baqarah: 101-103). Terhadap sihir seperti ini Ibnu Hayyan menjelaskan “tidak halal mempelajari dan mengamalkannya”. (lihat Tafsir Rawa’I al-Bayan Juz I,hal: 83-84). Rasulullah Bersabda: Jauhilah tujuh perkara yang merusak. Para Sahabat berkata: Apa saja tujuh perkara itu, Ya Rasulullah?. Beliau menjawab: Menyekutukan Allah, Sihir, Membunuh jiwa yang diharamkan Allah, Memakan Riba, Memakan harta anak yatim, lari dari medan perang, dan menuding berzina kepada wanita yang menjaga diri (HR.Bukhari-Muslim).
Karena itu seharusnya pemerintah tidak mengijinkan pertunjukan-pertunjukan sulap yang terlarang. Masyarakat harus kritis, tidak boleh membiarkannya, karena bisa merusak akidah umat. Wallahu a’lam bis shawab

2 komentar:

  1. saya hanya berharap bagi anda yg ingin belajar trik sulap ini berpikir ulang lagi deh, memang ini adalah trik real bukan sihir tapi sihir modern yang berasal dari kecerdasan jin ifrit yang cerdas dan kuat diantara bangsa jin, bedanya kegiatan ini memanfaatkan benda dan kemajuan teknologi, kalau anda terjerumus kedalam hiburan yang bersifat tipu menipu ini maka niscaya anda akan lalai dengan ibadah anda bahkan meninggalkannyya sebab dasar pekerjaan/kegiatan ini adalah membohongi orang kecuali anda membuka rahasianya sebahagian agar orang berfikir.dan betul bukunya Muhammad Isa daud bahwa insipirasi berasal dari kerjasama manusia dan jin yang memanfaatkan kemajuan teknologi.kalau anda tidak sadar maka tertipulah anda dan anda akan memuji2 bahkan akan mengidolakan jin yang berkabolorasi dengan manusia...bayangkan saja jarang manusia mendapatkan ide berlian diluar nalar kecuali kalau ada niat untuk berbohong, ingin memperoleh sesuatu secara instant nah disinilah perannya setan dan jin dalam memberi ide serta inspirasi sesuai zamannya yakni sihir modern....terserah percaya atau tidak kembali kepada sdr2....

    BalasHapus

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template